Alun-alun terluas di Karesidenan Kedu Jawa Tengah

Halo sobat refala di mana saja berada 😇

Pada sebuah perjalanan, biasanya kita sering memperbincangkan hal-hal apa saja disela-sela perjalanan. Mulai dari kabar terkini, hal lucu, dan lain-lain. Nah sobat refala, suatu hari ketika melewati alun-alun disalah satu kota di Jawa Tengah ada teman yang berkomentar "wah, alun-alunnya bagus sekali dan luas". Lantas komentar itu mendapatkan respon, "alun-alun paling luas di kota mana ya?" ada juga yang mencoba membandingkan luas alun-alun kota A dan kota B, hingga menjadi perdebatan sengit. Atas perdebatan tadi, munculah ide sebenarnya ukuran luas alun-alun yang berada di Karesidenan Kedu Jawa Tengah ini itu di kota mana?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ulas satu persatu-satu luas dan keliling alun-alun yang terdapat di Karesidenan Kedu Jawa Tengah berdasarkan citra satelit google earth.

  • Alun-alun Purworejo
Screenshoot Alun-alun Purworejo Jawa Tengah, google earth


Alun-alun purworejo merupakan alun-alun terluas di Karesidenan Kedu Jawa Tengah dengan keliling 1.036 m dan luas 64.406,3 m2. Di komplek alun-alun ini terdapat foodcourt, gedung Kantor Bupati, Masjid Purworejo, dan komplek perkantoran pemerintah Kabupaten Purworejo. Alun-alun terletak di jalur utama Purworejo-Kebumen.
  • Alun-alun Kebumen
Screenshoot alun-alun Kebumen, google earth


Kabupaten Kebumen memiliki alun-alun dengan keliling 794,76 m dan luas 39.635 m2. Alun-alun Kebumen merupakan alun-alun dengan luas kedua di wilayah Karesidenan Kedu. Alun-alun ini terdapat di pusat kota Kebumen yang terletak di jalur utama Kebumen-Gombong.
  • Alun-alun Wonosobo
Screenshoot alun-alun Wonosobo, google earth


Alun-alun di Kabupaten Wonosobo merupakan terluas ketiga di wilayah Kedu dengan keliling 735,23 m dan luas 31.949,02 m2 yang terletak di jalur utama Wonosobo-Dieng. Alun-alun ini juga merupakan alun-alun terindah kedua di Indonesia versi artikel yang tersedia di laman internet dengan kata kunci "alun-alun terindah di Indonesia". 
  • Alun-alun Kota Magelang
Screenshoot alun-alun Kota Magelang

Alun-alun ikonik dari Magelang ini berada di urutan ke empat. Alun-alun yang memiliki ikon tandon air ini memiliki luas 22.544,56 m2 dan keliling 609,6 m. Terletak di jalan utama Magelang-Yogyakarta.
  • Alun-alun Temanggung
Screenshoot alun-alun Temanggung, google earth

Alun-alun Temanggung berada di urutan terakhir dengan luas 11.749,06 m2 dan keliling 434,21 m. Alun-alun rindang di kota tembakau ini berada di jalur Parakan-Temanggung via Bulu.

Demikian alun-alun terluas di Karisedan Kedu Jawa Tengah dengan pengukuran citra satelit google earth dengan metode tepi terluar alun-alun. Semoga bisa memberi jawaban atas pertanyaan luas alun-alun di wilayah Karisedenan Kedu ya? hehehe. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Alun-alun terluas di Karesidenan Kedu Jawa Tengah"